Warga RW 12 Kelapadua Wetan Dilatih Tanggulangi Kebakaran

In Berita Jaktim

SUARAJAKTIM.COM – Sebanyak 40 warga RW 12 Kelurahan Kelapadua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur mengikuti pelatihan penanggulangan kebakaran, Senin (5/11). Dengan pelatihan ini diharapkan kebakaran bisa dicegah secara dini.

Plt Kasudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, Muchtar Zakaria mengatakan, pelatihan penanggulangan kebakaran ini untuk ketahanan masyarakat terhadap penanggulangan kebakaran. Di wilayah ini sudah terjadi tiga kali kasus kebakaran.

“Semakin sering warga ikut latihan penanggulangan kebakaran maka diharapkan warga semakin paham tentang bahaya kebakaran. Ini salah satu upaya meminimalisir terjadinya kasus kebakaran,” kata Muchtar Zakaria.

Dalam sosialisasi ini, para peserta diedukasi tentang bahaya kebakaran. Baik secara teori maupun praktik penanggulangan kebakaran. Seperti saat terjadinya kebocoran tabung gas, warga dilarang menyalakan atau mematikan aliran listrik, menyalakan lilin, korek api dan sebagainya.

Menurutnya, peserta sosialisasi ini adalah para kader TP PKK, Jumantik, Posyandu. Kemudian pengurus RT, RW, LMK dan anggota masyarakat lainnya. Dari soialisasi ini diharapkan saat melakukan Jumat keliling (Jumling) atau pemberantasan sarang nyamuk (PSN) mereka bisa mensosialisasikan pada warga lainnya.

“Dalam pelatihan ini perlu keberanian warga agar tidak terjadi kebakaran besar. Karena kalau menunggu petugas datang, api keburu besar dan banyak obyek terbakar,” tuturnya.

Sementara, Ketua RW 12 Kelapadua Wetan, Sunardi mengaku senang adanya pelatihan penanggulangan kebakaran. Apalagi di wilayahnya sudah tiga kali terjadi kebakaran pada tahun ini.”Dari pelatihan ini kita akan teruskan sosialisasi ke warga lainnya saat Jumling, PSN maupun kegiatan warga lainnya. Sehingga ilmu ini akan menyebar ke warga lainnya yang tidak bisa hadir saat pelatihan,” tandasnya.(ARS/R1/beritajakarta.id)

Baca Juga!  20 Unit Pemadam Berhasil Atasi Kebakaran 19 Lapak di Cakung, Jakarta Timur

You may also read!

Sambut Jakmania, Anies Baswedan: Ini Kemenangan Kita Semua

SUARAJAKTIM.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan langsung menyambut pawai fans Persija alias The Jakmania yang merayakan kemenangan klub

Read More...

Aktris AS Natalie Portman: UU Israel Rasis dan Keliru

SUARAJAKTIM.COM - Bintang film Amerika Serikat Natalie Portman menyebut Undang-Undang Israel rasis. Undang-Undang (UU) dimaksud adalah yang mendefinisikan Isreal

Read More...

Dikritik Sarri, Kante Justru Merasa Nyaman di Chelsea

SUARAJAKTIM.COMĀ  -Permainan N'Golo Kante sempat dikritik sang pelatih, Maurizio Sarri ketika Chelsea takluk dari Tottenham Hotspur beberapa waktu lalu.

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu