MILC, Ikhtiar Kemenag Yogya Perluas Akses Siswa Madrasah Kuliah di Luar Negeri

In Nasional

SUARAJAKTIM.COM – Kanwil Kemenag DI Yogyakarta akan membangun Madrasah International Language Center (MILC).  Peletakan batu pertama pembangunan MILC ini dilakukan Menag Lukman Hakim Saifuddin.”Madrasah Internasional Language Centre  merupakan wadah yang akan melakukan pembibitan bagi siswa madrasah agar bisa belajar ke luar negeri,” ujar Kakanwil Kemenag DI Yogyakarta Muhammad Lutfi Hamid di Bantul, Rabu (10/10).

Menurut Lutfi, sebagai program, MILC sudah berjalan dalam beberapa tahun terakhir. Melalui proses sinergi dengan berbagai jaringan, sudah ada 11 siswa madrasah yang mendapat beasiswa penuh untuk kuliah di luar negeri.

Agar program itu lebih optimal sehingga akses siswa madrasah kuliah di berbagai perguruan tinggi berkualitas, dalam dan luar negeri, semakin luas, muncul inisiatif untuk membangun MILC. MILC ini dibangun bekerjasama dengan CSR Kadin DI Yogyakarta dan sejumlah perbankan.

Meski berlokasi MAN 4 Bantul,  Lutfi berharap, MILC nantinya dapat dimanfaatkan seluruh madrasah di DI Yogyakarta. Bersama para pihak terkait, Kanwil Kemenag DI Yogyakarta akan melakukan pemetaan prestasi siswa madrasah sehingga potensi mereka bisa dioptimalkan. “MILC akan menyelenggarakan pendidikan tiga bahasa, yaitu: Arab,  inggris,  dan Mandarin,  melalui pendekatan smart drill secara intensif,” ujarnya. “Semoga pendirian MILC ini juga menjadi spirit bagi para kepala madrasah untuk terus meningkatkan kualitas mutu madrasah serta membuka ruang optimalisasi ekstra kurikuler bahasa asing,” tambahnya.

Gedung MILC akan dibangun di depan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Bantul,  Yogyakarta. Sekda Provinsi DIY Gatot Saptadi dalam sambutannya mengatakan kalau gedung ini dibangun di atas lahan milik Kemenag dan sewa tanah desa selama 20 tahun. “Ini merupakan sharing Pemda untuk bisa menyelesaikan pembangunan ini,” tandasnya. (ARS/R1/kemenag.go.id)

Baca Juga!  MAN IC OKI Raih 4 Medali di KSM Tingkat Nasional

You may also read!

Dinas Perindustrian dan Energi DKI Cetak 184 Wirausaha IKM Baru

SUARAJAKTIM.COM - Dinas Perindustrian dan Energi (PE) DKI Jakarta telah menciptakan 184 Wirausaha Industri Baru (WUIB) hingga September 2018

Read More...

Anies Baswedan Hadiri Pengukuhan Pengurus Majelis Adat Bamus Betawi

SUARAJAKTIM.COM - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Kamis (18/10), menghadiri pengukuhan pengurus Majelis Adat Badan Musyawarah Masyarakat Betawi (Bamus

Read More...

Dispusip DKI Ajukan Anggaran Rp 202 Miliar di KUA-PPAS 2019

SUARAJAKTIM.COM - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) DKI Jakarta mengajukan anggaran Rp 202 miliar dalam rancangan Kebijakan Umum APBD

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu