Ratusan Warga Kayu Manis Pawai Peringati HUT RI

In Berita Jaktim, Berita RT RW, Matraman

SUARAJAKTIM.COM – Lingkungan RW02 Kelurahan Kayu Manis, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, riuh rendah sejak pagi, Ahad (19/8). Ratusan warga di RW 02 dengan antusias mengikuti kegiatan karnaval untuk memperingatai HUT ke-73 Republik Indonesia.

Tak sekadar selebrasi, kegiatan pawai tersebut juga dirangkaikan dengan kegaiatan jalan sehat dan bazar produk usaha kecil dan menengah (UKM).

Dibuka oleh Camat Matraman Acmad Salahudin, rute karnaval dimulai dari Halaman Masjid Binaul Ilmi dengan mengitari lingkungan RW02. Para peserta berjalan menuju ke Jl Kayu Manis Barat dan Kayu Manis Timur dan kembali lagi ke titik awal.

“Kegiatan yang dilakukan hari ini merupakan agenda memperingati HUT Kemerdekaan RI. Alhamdulillah warga masyarakat sangat antusias mengikuti karnaval ini,” ujar Salahudin kepada SJT.

Hadir juga pada kesempatan itu Lurah Kayu Manis Endang Kartika Wahyuningsih, anggota DPRD DKI Jakarta, dan Pembina OK OCE Jakarta Timur Andy Azisi Amin, dan Ketua RW 02 Eko Kusumawan.

Kegiatan karnaval dan jalan sehat diikuti oleh warga dari segala usia dan perwakilan dari semua 20 RT di lingkup RW 02 Kelurahan Kayu Manis. Mereka pawai sembari menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu-lagu perjuangan.

“Pesan yang ingin disampaikan lewat kegiatan ini adalah agar menjadi perhatian kepada masyarakat di Kayu Manis bahwa kita mengenang jasa pahlawan,” kata Salahudin.

“Kita bersyukur kepada Allah atas karunia yang diberikan dan dengan silaturahmi yang dilakukan membuat kerukunan antarwarga dan kerja sama dengan pemerintah semakin meningkat dan rekat,” ia menambahkan.

Sementara itu, Lurah Kayu Manis Endang Kartika Wahyuningsih mengatakan, karnaval kemerdekaan adalah satu cara efektif untuk membangkitkan semangat juang dan rasa syukur warga atas nikmat kemerdekaan yang dikaruniakan Allah .

Baca Juga!  Ketua Iluni UI Andy Azisi Amin Isi Acara Sharing Session dengan Penerima Beasiswa LPDP

“Kemudian dari segi keamanan, rasa bersyukur itu bisa diaktualisasikan lewat menjaga keamanan wilayah dengan siskamling, menghapus kenakalan remaja, dan menghindari aksi tauran,” kata Endang.

“Jadi tidak hanya semata-mata euforia perayaan tetapi ini juga kegiatan yang terintegrasi menuju wilayah Kayu Manis yang aman, tentram, dan damai,” terangnya.

Senada, Ketua RW 02 Eko Kusumawan berharap melalui setiap kegiatan yang menghimpun warga dapat menjadikan masyarakat di Kelurahan Kayu manis semakin guyub. Eko juga mengimbau kaum muda untuk membangun semangat sportivitas dan kepemudaan.

“Mudah-musahan dengan acara ini kita guyub bersama tetangga kita. Kekompakan kita adalah kunci kesuksesan kita untuk menyukseskan roda pemerintahan,” ujarnya.

Pada acara pembukaan, Pembina OK OCE Jakarta Timur Andy Azisi Amin didaulat untuk memimpin pembacaan doa dan juga melepaskan beberapa rombongan peserta karnaval. (SJT-1)

You may also read!

Buka Suara Soal Hong Kong, Inggris ‘Ancam’ Ini ke China

SUARAJAKTIM.COM - Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan dirinya akan menawarkan jutaan visa bagi warga Hong Kong dan kesempatan untuk

Read More...

15 Pelanggar PSBB di Cipayung Dijatuhi Sanksi

SUARAJAKTIM.COM - Kecamatan Cipayung kembali melakukan pengawasan dan penindakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kali ini pengawasan dan penindakan

Read More...

Kisah Mualaf Ying Penemu Rapid Test Putuskan Memakai Jilbab

SUARAJAKTIM.COM - Nama Profesor Jackie Ying, mencuat seiring ditemukannya alat uji covid-19 tercepat (Rapid test) pada tahun ini. Ying

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu