ACT: Lombok Utara Wilayah Terdampak Gempa Paling Parah

In Nasional

SUARAJAKTIM.COM – Tim Emergency Response Aksi Cepat Tanggap (ACT) NTB di Lombok, Juaini, melaporkan Lombok Utara termasuk wilayah yang terkena dampak terparah. Ia menggambarkan kondisi di lokasi, retaknya jembatan-jembatan, aspal yang rusak, serta banyak pohon tumbang akibat gempa. “Ambulans ACT dari Kecamatan Bayan muter ke atas bukit karena kondisi gelap, sampai di Kecamatan Tanjung, pagi,” katanya dalam siaran pers, Selasa (7/8).

Juaini menyebut beberapa bangunan roboh sampai rusak berat, mulai dari Desa Sambik Jengkel, Desa Lokok Beru, hingga ke Senggigi rusak berat. Ia juga mengatakan bangunan beton pun ikut hancur.

Juani menambahkan kondisi pengungsi cukup memprihatinkan, mereka membutuhkan obat-obatan dan bantuan logistik lainnya. Kondisi pengungsi di Kecamatan Tanjung termasuk yang terparah. Pengungsi banyak yang mengalami patah tulang kaki dan tangan tertimpa reruntuhan bangunan.”Mereka termasuk yang telat di evakuasi,” ungkapnya.

Tim ACT mengirimkan bantuan langsung kepada korban gempa di Lombok. Direktur Plt Disaster and Emergency Response Management (DERM) ACT, Bambang Triyono, menyebutkan grup relawan ACT sudah mulai diturunkan di beberapa lokasi gempa termasuk Mataram. “Insyaallah, Selasa (7/8), jam tujuh pagi, akan disalurkan bantuan lanjutan berupa ambulans, humanity food truck, kendaraan rescue dan truk logistik. Semua akan diangkut menggunakan pesawat Hercules,” terangnya.

Bambang memaparkan, relawan akan dibagi menjadi beberapa bidang.Tim Penyelamatan dan medis akan diterjunkan langsung ke wilayah pesisir Lombok Utara. Relawan logistik akan membantu distribusi dapur umum dan logistik lainnya di dua titik yakni Sembalun dan Obel-Obel.

Sementara, ia menyebut relawan medis yang terdiri dari dua dokter dan dua fisioterapis langsung bergerak ke Rumah Sakit Tanjung di Lombok Utara siang ini.(ARS/R1/ROL)

Baca Juga!  Mantan Ketua Fraksi Partai Demokrat Minta Pinjaman Bank untuk Kembalikan Uang ke KPK

You may also read!

Dinas Perindustrian dan Energi DKI Cetak 184 Wirausaha IKM Baru

SUARAJAKTIM.COM - Dinas Perindustrian dan Energi (PE) DKI Jakarta telah menciptakan 184 Wirausaha Industri Baru (WUIB) hingga September 2018

Read More...

Anies Baswedan Hadiri Pengukuhan Pengurus Majelis Adat Bamus Betawi

SUARAJAKTIM.COM - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Kamis (18/10), menghadiri pengukuhan pengurus Majelis Adat Badan Musyawarah Masyarakat Betawi (Bamus

Read More...

Dispusip DKI Ajukan Anggaran Rp 202 Miliar di KUA-PPAS 2019

SUARAJAKTIM.COM - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) DKI Jakarta mengajukan anggaran Rp 202 miliar dalam rancangan Kebijakan Umum APBD

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu