Pejabat Uni Eropa Batalkan Kunjungan ke Israel

In Uncategorized

SUARAJAKTIM.COM – Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Federica Mogherini telah membatalkan kunjungan resminya ke Israel. Pembatalan dibuat setelah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menolak menemuinya.

Mogherini awalnya dijadwalkan menghadiri konferensi internasional yang digelar Komite Yahudi-Amerika, sebuah organisasi non-pemerintah pro-Israel. Acara rencananya diselenggarakan pada Senin pekan depan.

Media Israel, dikutip Anadolu Agency, Sabtu (9/6), melaporkan Mogherini telah meminta kantor Netanyahu untuk mengatur pertemuan dengannya. Namun permintaan tersebut tak ditanggapi.

Menurut seorang sumber politik Israel, Netanyahu menolak bertemu Mogherini karena agendanya padat. Namun tersiar pula kabar bahwa Netanyahu enggan menemui Mogherini karena posisi Uni Eropa tak pernah berpihak pada Israel.

Mogherini diketahui cukup vokal menyuarakan penolakannya terhadap keputusan Amerika Serikat (AS) mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Menurutnya, status Yerusalem harus diselesaikan melalui perundingan dan konsensus internasional.

Dalam sebuah pernyataan yang dibuatnya ketika menghadiri KTT Bisnis Eropa di Istana Egmont di Belgia, Mogherini mengatakan Yerusalem harus menjadi ibu kota dari dua negara yang bersengketa, yakni Israel dan Palestina. Atas dasar ini pula Uni Eropa menolak menghadiri acara pembukaan kedutaan AS di Yerusalem pada 14 Mei lalu.”Tak satu pun dari perwakilan Uni Eropa menghadiri acara pembukaan Kedutaan Besar AS di Yerusalem. Hal-hal semacam ini penting dalam diplomasi,” kata Mogherini.

Uni Eropa meyakini solusi dua negara merupakan satu-satunya cara untuk menyelesaikan konflik Palestina dengan Israel. Dengan solusi tersebut, Palestian dan Israel dapat menjadikan Yerusalem sebagai ibu kota bersama. (Rifai/R1/ROL)

Baca Juga!  Otoritas Palestina Kirim Bantuan Medis ke Jalur Gaza

You may also read!

Sarjana Muslim Dunia Desak Pemerintah Lakukan Deradikalisasi Segala Lini

SUARAJAKTIM.COM - Pertemuan para sarjana Muslim dunia yang digelar selama tiga hari mendesak agar pemerintah Indonesia dan pemerintah negara-negara

Read More...

Pembina OK OCE Andy Azisi Amin: Jadi Entrepreneur Menghidupkan Sunnah

SUARAJAKTIM.COM – Pembina Jwo OK OCE Jakarta Timur Andy Azisi Amin mengatakan, gerakan wirausaha (entrepreneurship) harus terus didorong dan dikembangkan

Read More...

HUT Ke-27, PD PAL Jaya Berikan Layanan Sedot Tinja Gratis

SUARAJAKTIM.COM - Rayakan hari ulang tahun yang ke-27, PD PAL Jaya  akan memberikan layanan sedot tinja gratis kepada masyarakat.

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu