Forum Silaturahmi Hadroh akan Adakan Latihan Gabungan

In Komunitas

SUARAJAKTIM.COM – Hadroh, seni musik yang bernafaskan Islami, sedang populer di kalangan anak muda Indonesia, khususnya Jakarta. Banyak majelis taklim dan masjid atau mushola yang membentuk grup Hadroh, yang anggotanya diisi kalangan anak muda.

Hal ini mendorong para pemuda di Jakarta dan sekitarnya mendirikan sebuah wadah yang disebut Forum Silaturrahmi Hadroh (Forsih).

Sesuai namanya, forum ini didirikan untuk menjalin silaturahmi para pecinta seni Hadroh. Anggotanya saat ini baru sekitar wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Timur, dan Bekasi.

Namun para anggota optimistis organisasi mereka sanggup melebarkan sayap hingga ke seluruh nusantara.

“Pengalaman saya ketika silaturahmi ke Jawa Timur, ada festival yang dikhususkan untuk di wilayah Jombang saja pesertanya sampai 80 grup,” ujar Yazid, 20, wakil ketua Forsih.

Ia melanjutkan, “Itu baru di wilayah Jombang, masih banyak wilayah Jawa Timur yang lain yang tidak kalah perkembangannya seperti di Surabaya, Sidoarjo, Malang, Kediri, dan tempat-tempat lainnya.”

Yazid dan teman-teman berkumpul pada Ahad, 25 Maret 2018, di bilangan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, untuk membahas visi misi Forsih kedepannya.

“Saat ini kami ada 18 tim, didalam tim itu ada kurang lebih 10 orang. Untuk Forsih ini, kita tidak membatasi, buat daerah mana pun boleh ikut,” ujar Fakhrul, Koordinator Lapangan Forsih Jakarta Pusat.

Ia menambahkan seni Hadroh ini paling diminati lantaran cocok untuk ditampilkan pada event apa saja.

“Kegiatan yang sudah berjalan itu kegiatan pengajian, didalamnya ada pembacaan maulid dan tausiyah,” kata Fakhrul.

“Nah, rencana yang akan datang insya Allah akan ada latihan gabungan semua anggota Forsih, ini diadakan rutin satu bulan sekali,” Ia melanjutkan.

“Dan insya Allah kita adakan event akbar, yaitu harlah atau milad Forsih,” tandas Fakhrul. (Imam KW/CR-1/SJT-2)

Baca Juga!  FORSIH, Bukan Hanya Sekedar Hadrah

You may also read!

Buka Suara Soal Hong Kong, Inggris ‘Ancam’ Ini ke China

SUARAJAKTIM.COM - Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan dirinya akan menawarkan jutaan visa bagi warga Hong Kong dan kesempatan untuk

Read More...

15 Pelanggar PSBB di Cipayung Dijatuhi Sanksi

SUARAJAKTIM.COM - Kecamatan Cipayung kembali melakukan pengawasan dan penindakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kali ini pengawasan dan penindakan

Read More...

Kisah Mualaf Ying Penemu Rapid Test Putuskan Memakai Jilbab

SUARAJAKTIM.COM - Nama Profesor Jackie Ying, mencuat seiring ditemukannya alat uji covid-19 tercepat (Rapid test) pada tahun ini. Ying

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu