Hadroh, Seni Islami yang Digandrungi Muda-mudi

In Komunitas

SUARAJAKTIM.COM – Hadroh adalah salah satu kesenian islami yang banyak digandrungi masyarakat saat ini, khususnya di kalangan remaja. Irama tabuhan rebana yang merdu dan khas membuat lantunan sholawat yang diiringi menjadi terasa syahdu dan menggetarkan jiwa.

Banyaknya anak muda yang hobi memainkan seni Hadroh membuat beberapa orang pemuda tergerak untuk membuat suatu organisasi bernama Forsih (Forum Silaturrahmi Hadroh). Forsih menjadi wadah bagi mereka yang memiliki kesamaan hobi.

“Kalo saya, sih, menganggap Hadroh jadi hobi, itu yang pertama,” ujar Fakhrul, 20, Korlap Forsih Jakarta Pusat.

“Yang kedua, saya tinggal di lingkungan Betawi yang kental sama pengajian dan maulid. Dan disitu nggak lepas dari hadroh, Bang,” kata Fakhrul kepada suarajaktim.com, Ahad.

Yang ketiga, kata dia, memainkan hadroh  bisa menjadi media syiar melalui syair. “Bisa berdakwah melalui lirik sholawat dan lagu islami yang dibawakan,” tandasnya.

Fakhrul menjelaskan, untuk melestarikan Hadroh agar tetap bertahan melawan arus modernisasi, khususnya di Jakarta, adalah dengan cara menjaga silaturahmi, dengan membuat suatu perkumpulan.

Hal itu direalisasikan olehnya dan teman-teman dengan membentuk Forsih. Harapannya, melalui wadah itu para pemuda-pemudi yang menyukai seni Hadroh dapat saling bertukar informasi dan menjaga silaturahmi.

“Peminat Hadroh banyak banget, hampir tiap wilayah (Jakarta) ada grup Hadroh. Tapi sayangnya ada beberapa grup yang kurang berkembang,” lanjut Fakhrul.

“Salah satu faktornya karena grup itu kurang silaturahmi dan malu untuk belajar,” pungkasnya. (Imam KW/CR-1/SJT-2)

Baca Juga!  Hadrah, Bisa Menjadi Ajang Bertemu Jodoh

You may also read!

Anies Baswedan Sebut Positivity Rate DKI Capai 7,6 Persen

SUARAJAKTIM.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, penanganan Covid-19 di Jakarta telah mengalami perbaikan yang signifikan. Salah satu

Read More...

Sejarah Singkat PB KARYA MUDA club Badminton di kelurahan Bojong Pondok Terong-Depok

SUARAJAKTIM.COM - Pada awalnya lapangan pb karya muda itu bernama pb karya 21 terletak di kelurahan bojong pondok terong

Read More...

Ratusan Warga Cipinang Besar Utara Jalani Vaksinasi Covid-19

SUARAJAKTIM.COM - Sebanyak 414 warga Kelurahan Cipinang Besar Utara menjalani vaksinasi Covid-19, di SD Negeri 10 dan SD Negeri

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu