KPU: PBB akan Dapat Nomor 19 untuk Pemilu 2019

In Pilpres dan Pileg 2019

SUARAJAKTIM.COM

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan, Partai Bulan Bintang (PBB) akan mendapat nomor 19 sebagai peserta Pemilu 2019.

KPU memutuskan akan menetapkan PBB sebagai peserta Pemilu 2019.

“PBB akan mendapatkan nomor 19 sebagai peserta Pemilu 2019,” ujar Arief kepada wartawan di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (6/3).

Arief menjelaskan, ada 14 parpol yang telah ditetapkan nomor urutnya sebagai peserta Pemilu. Setelah itu, ada empat partai lokal Aceh yang juga sudah mendapatkan nomor urut untuk Pemilu 2019.

“Nomor urutnya dimulai dari 19, sebab nomor 15 sudah digunakan partai lokal, ” tegas Arief.

Sebelumnya, Arief mengatakan pihaknya memutuskan menindaklanjuti putusan Bawaslu yang memenangkan PBB, dalam sengketa hasil verifikasi parpol calon peserta Pemilu 2019. KPU segera menetapkan PBB sebagai peserta Pemilu 2019.

“Sebagai tindak lanjut atas putusan Bawaslu, kami memutuskan dengan berbagai pertimbangan, menggunakan dan menjaga agar prinsip Pemilu dapat dilakukan dengan baik. Kami memutuskan menindaklanjuti putusan Bawaslu tersebut, ” ujar Arief dalam konferensi pers di Media Center KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa.

Tindak lanjut tersebut, kata Arief, akan dilakukan dalam dua hal. Pertama, memutuskan menyatakan PBB memenuhi syarat sebagai peserta Pemilu 2019. Kedua, memembatalkan Surat Keputusan (SK) KPU Nomor 58/PL. 01.1-Kpt/03/KPU/II/2018, tertanggal 17 Februari. “Kami tindak lanjuti dengan melakukan rapat pleno terbuka pada Selasa malam, ” tegas Arief.

Dia menjelaskan, agenda pleno terbuka pada Selasa malam terdiri dari dua hal. Keduanya yakni,menetapkan PBB sebagai parpol peserta Pemilu danmenetapkan nomor urut bagi PBB sebagai parpol peserta pemu 2019.

“Proses pleno terbuka ini sama sebagaimana yang dilakukan kepada Parpol-Parpol lain yang sudah ditetapkan sebelumnya. Selain mengundang PBB, kami juga akan mengundang perwakilan Parpol lain, ” tambah Arief.

Baca Juga!  Sandiaga Lari Usai Mengikuti Deklarasi Kampanye Damai

Pada Ahad (4/3) Bawaslu memutuskan berhak mengikuti Pemilu 2019. Hal tersebut dibacakan sebagai putusan sidang adjudikasi menyusul gugatan PBB terhadap KPU yang tak meloloskan parpol itu melalui proses verifikasi, Februari lalu.

“Memutuskan dalam pokok perkara mengabulkan permohonan untuk seluruhnya,” ujar Ketua Bawaslu Abhan dalam sidang putusan pada Ahad. (Hsyams/SJT-2/ROL)

You may also read!

Rizal Ramli Laporkan Dugaan Korupsi Impor Pangan ke KPK

SUARAJAKTIM.COM - Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli menyambangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Selasa (23/10). Tujuannya

Read More...

Pemprov DKI Tutup Sementara Diskotek Old City

SUARAJAKTIM.COM - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menutup sementara diskotek Old City, Tambora, Jakarta Barat, Senin (22/10) malam. Kepala Satpol

Read More...

Aman Palestin-Indonesia Bantu Korban Gempa Lombok

SUARAJAKTIM.COM - Tidak ada yang lebih mengharukan daripada menyaksikan sebuah negara yang tengah terjajah namun masih memiliki kepedulian akan

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu