Tidak Mau Impor, Gubernur Anies Tandatangani Kerja Sama Perdagangan dengan Daerah Lain

In DKI Jakarta

SUARAJAKTIM.COM – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menandatangani kesepakatan kerja sama antardaerah di bidang perdagangan di sela-sela kegiatan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (Rakernas APPSI) di Bandung, Jawa Barat.

“Bagi Ibu Kota, kerja sama antardaerah sangat penting, karena banyak kebutuhan yang bisa disuplai dari daerah lain, sehingga kita tidak perlu mendatangkan produk dari luar (negeri),” kata dia dalam keterangannya, Kamis (22/2).

Dikatakan Anies, kesepakatan bersama mencakup peningkatkan perdagangan komuditas dan produk unggulan antar daerah. Sehingga, melalui nota kesepahaman (MoU) ini, provinsi lain di Indonesia akan membantu menyuplai kebutuhan di Jakarta.

“Suplai yang diberikan mencakup produk pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, pertambangan, industri, hingga ekonomi kreatif,” ujarnya.

Ia menjelaskan, penandatanganan kerja sama tersebut sangat penting untuk menunjang kehidupan warga di kota megapolitan seperti Jakarta.

“Kerja sama antardaerah memiliki arti penting. Nanatinya, kita bisa memaksimalkan pemenuhan kebutuhan dari dalam negeri,” terangnya.

Ia menambahkan, kerja sama ini akan berdampak pada peningkatan volume perdagangan dan penyiapan infrastruktur yang lebih memadai dan efisien. “Kerja sama ini sangat penting sekali untuk dimulai,” tandasnya.

Namun, syarat utama yang perlu dipenuhi guna menunjang suplai adalah efisiensi, lantaran butuh biaya lebih untuk mengirim produk ke Jakarta. Dengan adanya perdagangan antar daerah yang lancar akan turut berdampak pada penyiapan infrastruktur yang lebih memadai. (Hsyms/SJT-2/BeritaJakarta)

Baca Juga!  Dewan Minta PDAM Jaya Tingkatkan Pelayanan Air Bersih

You may also read!

Ketika Pendiri Facebook Memuji Karya Ibnu Khaldun

SUARAJAKTIM.COM - Muqaddimah Ibnu Khaldun merupakan salah satu kitab klasik yang paling populer dalam peradaban manusia hingga berabad-abad lamanya. Kitab

Read More...

Promosi Investasi Indonesia di Forum “The Global World” Riga-Latvia

SUARAJAKTIM.COM - Dubes RI untuk Kerajaan Swedia merangkap Republik Latvia, HE. Bagas Hapsoro, menyampaikan presentasi Investasi Indonesia dalam Forum

Read More...

Ratusan Pemukim Yahudi Paksa Masuk ke Al-Aqsha

SUARAJAKTIM.COM - Ratusan pemukim Yahudi Israel memaksa masuk kompleks Masjid Al-Aqsa pada Ahad (20/10). Palestina mengecam kejadian tersebut.“Sekitar 653

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu