Mahkamah Agung Denda Presiden Jokowi tanpa Ampun terkait Masalah STNK

In Nasional

SUARAJAKTIM.COM – Mahkamah Agung (MA) Mengabulkan permohonan keberatan hak uji materiil dari Pemohon Moh.Noval Ibrohim Salim permohonan pembatalan penarikan biaya pengesahan STNK.

Lampiran Nomor E angka 1 dan 2 PeraturanPemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kepolisian Negara dibatalkan atau dicabut.

Imbasnya negara tak bisa lagi menarik biaya pengesahan STNK sebesar Rp25.000 (roda 2 dan 3) dan Rp50.000 (roda 4).

Majelis Hakim dalam putusan Mahkamah Agung Nomor 12 P/HUM/2017 secara tegas Lampiran Nomor E angka 1 dan 2 Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 bertentangan dengan aturan lebih tinggi.

Aturan itu adalah Pasal 73 ayat (5) Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan.

Selanjutnya Majelis Hakim memerintahkan kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, untuk mencabut Lampiran Nomor E angka 1 dan 2Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Selain itu Presiden Joko Widodo sebagai termohon juga mesti membayar biaya perkara sebesar Rp1 juta.

Putusan itu diambil pada rapat permusyawaratan Mahkamah Agung pada  Rabu, Rabu (14/6/2017).

Ketua Majelis Hakim adalah H.Supandi, dan 2 anggotanya yakni Is Sudaryono dan Yosran. Sedangkan panitera pengganti dalam perkara tersebut adalah Teguh Satya Bakti. (Ridwan/M/SJT-2/Tribunnews)

Baca Juga!  Hampir Semua Narkoba Dipesan Dari Jeruji Besi, BNN Berharap Lapas Mau Terbuka

You may also read!

Buka Suara Soal Hong Kong, Inggris ‘Ancam’ Ini ke China

SUARAJAKTIM.COM - Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan dirinya akan menawarkan jutaan visa bagi warga Hong Kong dan kesempatan untuk

Read More...

15 Pelanggar PSBB di Cipayung Dijatuhi Sanksi

SUARAJAKTIM.COM - Kecamatan Cipayung kembali melakukan pengawasan dan penindakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kali ini pengawasan dan penindakan

Read More...

Kisah Mualaf Ying Penemu Rapid Test Putuskan Memakai Jilbab

SUARAJAKTIM.COM - Nama Profesor Jackie Ying, mencuat seiring ditemukannya alat uji covid-19 tercepat (Rapid test) pada tahun ini. Ying

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu