Mangrove Jenggalu Jadi Andalan Taman Wisata Badrika

In Pariwisata

SUARAJAKTIM. COM– Ekosistem mangrove di Muara Sungai Jenggalu, Kota Bengkulu, menjadi andalan pengelola wahana wisata alam Taman Wisata Mangrove Badrika untuk menarik pengunjung.

“Mangrove di Muara Jenggalu ini menjadi daya tarik utama untuk menggaet pengunjung,” kata Manajer Taman Wisata Mangrove Badrika, Leo Fadli Bakti, di Bengkulu, Rabu lalu.

Pada saat peluncuran wahana wisata alam itu, Leo mengatakan lokasi itu juga menjadi salah satu titik terbaik untuk menikmati matahari terbenam di laut Bengkulu.

Selain suasana alam yang masih asri, pondok dan ruang terbuka di wahana itu juga didesain mengikuti alur ekosistem mangrove Muara Sungai Jenggalu.

Menurut Leo, ada suasana yang berbeda di Taman Badrika bila dibandingkan dengan sejumlah objek wisata yang menawarkan ekosistem mangrove sebagai daya tarik. “Kami tidak hanya menyajikan keindahan alam tapi juga menyiapkan beberapa kuliner khas Bengkulu,” kata dia.

Untuk masuk ke lokasi itu, pengunjung tidak dipungut biaya, namun pengelola mengharapkan tarif yang dibayar pengunjung yang memesan makanan menjadi pemasukan pengelola.

Leo menambahkan, pengelola juga akan melestarikan habitat mangrove yang sudah ada dan siap menghijaukan kawasan sekitarnya dengan mangrove.

Koordinator Komunitas Mangrove Bengkulu, Riki Rahmansyah mengatakan wisata alam yang menawarkan ekosistem mangrove sebagai andalan guna menarik pengunjung seyogyanya semakin memasyarakatkan fungsi penting ekosistem mangrove.

“Wisata mangrove di Bengkulu sepertinya terinspirasi dari daerah lain. Kami melihat perlu dikembangkan ke arah wisata edukasi,” kata Riki.

Sebab, kata Riki mangrove memiliki fungsi strategis secara ekologi dan ekonomi yaitu tempat memijah biota laut, terutama udang, kepiting dan kerang yang bernilai ekonomis bagi nelayan.

Sedangkan secara ekologi, mangrove berperan menjadi sabuk hijau pesisir dan menahan gelombang tinggi serta menyerap emisi karbon. (Lala/M/SJT-2/ROL)

Baca Juga!  10 Negara ASEAN Sepakat Terapkan 6 Strategi Promosi Pariwisata Bersama

You may also read!

Anies Baswedan Sebut Positivity Rate DKI Capai 7,6 Persen

SUARAJAKTIM.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, penanganan Covid-19 di Jakarta telah mengalami perbaikan yang signifikan. Salah satu

Read More...

Sejarah Singkat PB KARYA MUDA club Badminton di kelurahan Bojong Pondok Terong-Depok

SUARAJAKTIM.COM - Pada awalnya lapangan pb karya muda itu bernama pb karya 21 terletak di kelurahan bojong pondok terong

Read More...

Ratusan Warga Cipinang Besar Utara Jalani Vaksinasi Covid-19

SUARAJAKTIM.COM - Sebanyak 414 warga Kelurahan Cipinang Besar Utara menjalani vaksinasi Covid-19, di SD Negeri 10 dan SD Negeri

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu