UI Bantah Keras Klaim Pendukung Jokowi

(Last Updated On: Agustus 6, 2018)

SUARAJAKTIM.COM – Universitas Indonesia (UI) mengeluarkan sebuah keterangan resmi, Senin (6/8), yang menyatakan kampus negeri itu bebas dari segala bentuk kegiatan politik praktis.

UI angkat bicara menyusul pernyataan Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Kantor Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin, bahwa UI mendukung Jokowi.

Bantahan itu disampaikan UI dalam sebuah surat pengumuman bernomor 537/UN2.R2.4/HMI.04 Informatika/2018. Di situ disebutkan pula ketentuan tentang pendidikan tinggi terbebas dari pengaruh politik praktis yakni UU Nomor 12 Tahun 2018 pada pasal 8 ayat 1.

“Status UI juga menekankan bahwa dalam menjalankan misi utama Tridharma Perguruan Tinggi yang berasas kebenaran ilmiah dan kebhinekaan, UI harus bebas dari pengaruh, tekanan, dan kontaminasi apapun termasuk kekuatan politik,” ujar Humas UI, Egia Tarigan.

“Sehingga, jika terdapat pihak-pihak yang menyebutkan bahwa UI mendukung partai/tokoh politik tertentu maka hal tersebut bukanlah pernyataan dan bentuk dukungan resmi UI,” ia menegaskan.

UI pun mengingatkan dan mengimbau segenap sivitas akademika dan warga UI termasuk alumni untuk menyampaikan hak konstitusional mereka atas nama pribadi dan tidak menggunakan nama besar kampus yang berbasis di Depok, Jawa Barat, itu.

“Sebagai individu berpendidikan, mari kita ciptakan lingkungan kampus yang bersih dari segala unsur politik dan mendukung pelaksanaan politik negeri yang bersih, jujur, dan adil,” ujarnya.

Sebelumnya, alumni Universitas Indonesia (UI) yang menamakan diri Alumni dan Mahasiswa UI Bangkit untuk Keadilan juga menentang keras sikap orang-orang yang membawa nama alumni UI untuk ikut mendukung Joko Widodo. (SJT-2)

Mari berbagi

You may also read!

Wali Kota Jaksel Buka Peragaan Produk UKM Mayestik Red Carpet

SUARAJAKTIM.COM - Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali membuka kegiatan Mayestik Red Carpet di Pasar Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta

Read More...

Pilih Taufik atau Mardani, Anies: Saya Bisa dengan Siapa Saja

SUARAJAKTIM.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku, bahwa dirinya tidak masalah siapapun yang akan mendampinginya terkiat pengganti Sandiaga

Read More...

Laporan Studi: Israel Miliki Persenjataan Nuklir Ilegal

SUARAJAKTIM.COM - Penelitian yang baru dipublikasikan telah menambah bobot terhadap rahasia terburuk yang disimpan di Israel, bahwa negara itu

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu