Hamas Serukan Pembentukan Dewan Nasional Baru

(Last Updated On: Mei 24, 2018)

SUARAJAKTIM.COM – Hamas telah menekankan kepatuhannya pada rekonsiliasi nasional sebagai solusi strategis bagi rakyat Palestina, di bawah pengawasan Mesir. Dilansir Middle East Monitor, Rabu (23/5), seorang sumber resmi di Hamas mengatakan proses rekonsiliasi harus terlebih dahulu membatalkan Dewan Nasional yang diadakan di Ramallah dan membentuk dewan nasional baru di bawah naungan negara Arab. Yakni Mesir.”Dibutuhkan untuk membentuk dewan nasional atas dasar demokrasi dan sesuai dengan output pertemuan Beirut dan perjanjian Kairo pada 2011,” kata sumber itu.

Dia menyebutkan bahwa rekonsiliasi membutuhkan pencabutan segera sanksi Otoritas Palestina yang telah diberlakukan di Jalur Gaza. Pembentukan rekonsiliasi berdasarkan perjanjian 2011 berarti pembentukan praktis pemerintah persatuan nasional sementara dengan tugas yang ditentukan.

Hal ini terutama pemilihan, pembenasan Gaza, mengatur keamanan dan situasi sosial di Jalur Gaza dan Tepi Barat serta mengakhiri perpecahan. “Kami siap mendukung dan memberdayakan pemerintah ini dan kemudian kami dapat mengadakan pemilihan. Kemudian pada akhirnya, kita bersama mayoritas dan minoritas,” katanya.

Pada akhir April, Dewan Nasional Palestina (PNC) mengadakan pertemuan reguler pertamanya dalam 22 tahun, di Ramallah di Tepi Barat yang diduduki, dengan partisipasi 10 dari 11 faksi, di tengah pemboikotan Front Populer untuk Pembebasan Palestina (PFLP). Hamas ikut memboikot pertemuan itu.

Banyak tokoh dan kekuatan politik juga menentang diselenggarakannya Majelis Nasional di wilayah di bawah pendudukan Israel dan tanpa konsensus antara partai-partai Palestina pada program dan keputusannya. Dewan Nasional adalah otoritas legislatif tertinggi yang mewakili orang-orang Palestina di dalam dan di luar Palestina, dan terdiri dari 750 anggota.(Rifai/R1/ROL)

Mari berbagi

You may also read!

Pegawai UPT Puskeswan DKPKP Ikuti Pelatihan Input e-Kertas Kerja

SUARAJAKTIM.COM - Sebanyak 20 pegawai UPT Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan dan Peternakan (Puskeswan) DKPKP, ikuti Sosialisasi internal dan pelatihan

Read More...

Otoritas Palestina Sebut AS Berupaya Gulingkan Mahmoud Abbas

SUARAJAKTIM.COM - Seorang perunding senior Palestina, Saeb Erekat menuduh Amerika Serikat (AS) berusaha menggulingkan pemerintahan Presiden Mahmoud Abbas. Ia

Read More...

Target Menang Lawan Persebaya, Teco Berharap Persija Cetak Gol Cepat

SUARAJAKTIM.COM - Persija Jakarta akan menghadapi Persebaya Surabaya pada pekan ke-12 kompetisi Gojek Liga 1 bersama Bukalapak, Selasa (25/6/2018).

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu