Uji Coba Penataan Stasiun Tanah Abang Dimulai

In DKI Jakarta

SUARAJAKTIM.COM – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta bersama PT KAI dan PT KCI melakukan uji coba penataan Stasiun Tanah Abang, Selasa (2/6). Program penataan stasiun menyasar empat stasiun di Jakarta yakni, Stasiun Juanda, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Senen, dan Stasiun Sudirman.

Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, penataan ini merupakan bentuk kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dan Pemerintah Pusat dalam mewujudkan integrasi di lingkungan stasiun.”Pada Januari lalu dilakukan penandatangan terkait dengan penataan empat stasiun di wilayah Provinsi Jakarta. Di mana yang sudah dilakukan uji coba adalah Stasiun Juanda, kemudian Stasiun Tanah Abang, selanjutnya besok akan dilakukan uji coba Stasiun Senen, lalu Stasiun Sudirman,” ujar Syafrin.

Menurutnya, inti dari penataan stasiun yakni adanya integrasi secara penuh untuk pergerakan orang dan kendaraan, baik yang akan menuju stasiun maupun dari stasiun menuju angkutan lainnya.

Syafrin menuturkan, seluruh stakeholder telah melaksanakan kegiatan sesuai dengan pembagian tugas yang ada. Dia merinci, untuk layanan Transjakarta sudah disediakan halte Transjakarta. Begitu juga dengan ojek pangkalan maupun ojek online yang telah disediakan tempat khusus untuk menunggu, menjemput, dan menurunkan penumpang.

Penataan ini juga mengatur pola pengangkutan penumpang oleh angkutan lingkungan seperti bajaj dan mikrolet.”Kita harapkan dengan adanya penataan ini tidak terjadi kemacetan lalu lintas pada jalan arteri maupun lokal di stasiun, karena adanya integrasi antar moda yang baik,” ucap Syafrin.

Ditambahkan Syafrin, akan ada pengaturan dan pengawasan penataan stasiun oleh satgas pengawasan di bawah komando Kepala Satpol PP DKI Jakarta, bersama Dinas Perhubungan dan Wali Kota Jakarta Pusat.”Uji coba akan dilakukan secara berkesinambungan, kita akan evaluasi untuk tim penataan stasiun setiap hari Rabu akan ada rapat rutin untuk evaluasi uji coba kemudin progam ke depan penataan stasiun seperti apa,” ungkap Syafrin.

Baca Juga!  Anies Sebut Jakarta Barometer Investasi Nasional

Salah seorang pengguna jasa kereta api yang bekerja di sekitar Tanah Abang, Vini mengatakan, terjadi perubahan yang signifikan di Stasiun Tanah Abang dan di luar ekspektasinya. Menurutnya, penataan membuat Stasiun Tanah Abang lebih tertata dan rapi, tidak seperti sebelumnya yang terkesan kumuh.”Setiap hari saya menggunakan Stasiun Tanah Abang, bagus banget, terakhir masuk kerja belum kayak gini. Saya sempat upload di Instagam, teman kantor kaget. Tanah Abang makin rapi tertata banget,” tandas Vini.(ARS2/Sumber: beritajakarta)

You may also read!

Kasatpol PP Ajak Figur Publik Ikut Kampanyekan Penggunaan Masker

SUARAJAKTIM.COM - Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta, Arifin mengajak setiap orang atau individu yang merupakan sebagai

Read More...

Keliling 193 Negara, Sal Savallo Akhirnya Menemukan Islam

SUARAJAKTIM.COM - Pelancong itu bernama Sal Lavallo. Ia telah mengunjungi berbagai negara. Bahkan, mengu tip laman Wikipedia, lelaki itu

Read More...

DKI Siapkan Protokol Penyembelihan Qurban Saat PSBB Transsi

SUARAJAKTIM.COM - Memasuki akhir Juli 2020, umat Islam di Jakarta mulai bersiap merayakan Hari Raya Idul Adha di tengah

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu