Raja Salman akan Bertemu PM Irak Bahas Keamanan

In Uncategorized

SUARAJAKTIM.COM – Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz akan bertemu dengan Perdana Menteri Irak Adil Abdul Mahdi di Jeddah, Arab Saudi, Rabu (26/9).”Perdana Menteri Irak akan membahas keamanan di wilayah itu dan metode mengurangi ketegangan di sana dan di Teluk Arab,” kata pernyataan dari kantor media perdana menteri Irak, dikutip dariĀ Al Arabiya, Selasa (25/9).

Hubungan Saudi dan Iran memanas ketika 14 September lalu dua fasilitas minyak milik Saudi Aramco di Abqaiq dan Khurais diserang 10 pesawat nirawak. Serangan itu menyebabkan beberapa area pabrik terbakar.

Peristiwa itu diklaim sebagai ulah dari gerilyawan Houthi Yaman. Namun, klaim itu tidak begitu meyakinkan untuk beberapa negara dan menduga justru Iran yang melancarkan serangan itu.

Meski terjadi serangan itu, Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir mengatakan, tidak ingin terjadi peperangan di antara dua negara. Perang diharapkan menjadi opsi terakhir yang harus ditempuh untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Saat ini penyelidikan terkait serangan Aramco masih dilakukan. Tim khusus yang terdiri dari Saudi dan beberapa negara sekutu, seperti Inggris dan Amerika Serikat telah dibentuk.

Al-Jubeir membuka kemungkinan Iran sebagai dalang di balik serangan terhadap fasilitas Aramco. Kalau memang terbukti, Iran dituntut untuk bertanggung jawab atas ulahnya.”Masyarakat internasional harus memikul tanggung jawabnya dan membuat Iran bertanggung jawab untuk hal tersebut,” ujar al-Jubeir.(ARS2/Sumber:ROL)

Baca Juga!  Upaya Mualaf Selandia Baru Kampanyekan Islam Lewat Film

You may also read!

Sejarah Singkat PB KARYA MUDA club Badminton di kelurahan Bojong Pondok Terong-Depok

SUARAJAKTIM.COM - Pada awalnya lapangan pb karya muda itu bernama pb karya 21 terletak di kelurahan bojong pondok terong

Read More...

Ratusan Warga Cipinang Besar Utara Jalani Vaksinasi Covid-19

SUARAJAKTIM.COM - Sebanyak 414 warga Kelurahan Cipinang Besar Utara menjalani vaksinasi Covid-19, di SD Negeri 10 dan SD Negeri

Read More...

Tekan Penyebaran COVID-19, Pemprov DKI Bersama Human Initiative Luncurkan 3 Unit Mobile Lab

SUARAJAKTIM.COM - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkomitmen untuk terus memperkuat kapasitas 3T yakni Testing, Tracing, dan Treatment yang merupakan

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu